Friday, October 4, 2013

Definisi dan Peranan Statistik

Definisi Statistik
Dalam arti sempit, statistic berarti data rigkasan berbentuk angka (kuantitatif). Statistic penduduk minsalnya, adalah data atau keterangan berbentuk angka ringkasan mengenai penduduk (jumlah, rata-rata umur, distribusinya, persentase penduduk yang buta huruf) statistic personalia  (jumlahnya, rata-rata masa kerja, rata-rata jumlah keluarga, persentase yang sarjana) dsb.
Dalam arti luas statistic berarti suatu ilmu yang mempelajari car pengumpulan, pengolahan/pengelompokan, penyajian, dan analisa data serta pengambilan kesimpulan dengan memperhitungkan unsure ketidakpastian berdasarkan konsep probalitas.
Suatu definisi yang lebih toritis sifatnya, di ambil dari buku: Statistical Theory in Research, karangan Anderson and Bancroft:
… statistic in the science and art of the development and application of the most effective methods of collecting, tabulating, and interpreting quantitative data in such a manner that the fallibity of conclusions and estimates may be assassed by means of inductive reasoning based on the mathematics of probability. (statistika adalah ilmu dan seni pengembangan dan penerapan metode yang paling efektif sehingga kemungkinan kesalahan dalam kesimpulan estimasi dapat diperkirakan dengan menggunakan penalaran yang induktif berdasarkan matematika probalitas).

Peranan Stastitik Bagi Lembaga Bisnis dan Pemerintah
Seorang bupati berpertangggung jawab atas berhasilnya berbagai produksi barrang dan jasa di daerahnya. Apabila pimpinan melakukan melakukan penilaian hasil kerja terhadap unit organisasi yang di pimpinnya, jelas diperlukan data hasil kerja. Apabila hasil kerja kurang memuaskan, sebab-sebabnya harus dilihat, baik secara internal (diperlukan data internal: data personalia, keuangan, peralatan, dsb) maupun secara eksternal (keadaan iklim, perkembangan harga, dsb). Tugas pimpinan perusahaan adalah mengusahakan agar keterampilan manajerial (managerial skill) yang dimiliinya dapat mengelola atau memroses input dengan segala aspeknya tsb secara berdaya guna dan berhasil guna, sehingga diperoleh suatau hasil kerja yang optimal.